Jabawan:
1.
Perilaku konsumen adalah proses dan aktifitas
ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,
penggunaan, serta pengevalusian produk dan jasa demi memenuhi kebutujan dan
keinginan.
2.
Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar
menjadi kelompok‐kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian)
dapat dipilih sebagai pasar yang ditargetkan untuk pemasaran suatu produk.
3.
kepuasaan konsumen Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2,
yaitu:
a)
Kepuasan
Fungsional,
merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau
pemakaian suatu produk.
Misalnya : kita meminum suatu produk untuk
menghilangkan rasa dahaga.
b) Kepuasan Psikologikal,
merupakan
kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud.
Misalnya : Perasaan bangga karena
mendapat pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah restoran yang mewah.
Pengelompokan inilah yang sering
kita dengar sebagai segmentasi pelanggan. Segmentasi ini mutlak dilakukan
secara bervariasi. Dapat di bagi beberapa segmen berdasarkan :
o
letak
geografis
o
volume
pembelian demografis
o
produk yang
dibeli
o
sesuai
kebutuhan konsumen
o
Pada umumnya
tiap segmen adalah unik dan juga memberi kontribusi yang berbeda terhadap
organisasi.
a.
4. Penggunaan Segmentasi dalam Strategi
Pemasaran
a. Measurable, yaitu ukuran, daya beli,
dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit
diukur.
b. Accessible,
yaitu segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
c.
Substantial,
yaitu segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
5.
Analisis konsumen berguna untuk melihat
bagaimana konsumen mengambil keputusan dan peran pemasaran di dalamnya.
Analisis kebijakan (policy analysis) dapat dibedakan dengan pembuatan
atau pengembangan kebijakan (policy development). Analisis kebijakan tidak
mencakup pembuatan proposal perumusan kebijakan yang akan datang. Analisis
kebijakan lebih menekankan pada penelaahan kebijakn yang sudah ada.
6.
roses Pengambilan Keputusan Membeli Sebelum
membeli suatu produk atau jasa, umumnya konsumen melakukan evaluasi untuk
melakukan pemilihan produk atau jasa.
7.
Faktor-Faktor yang mempengaruhi pemecahan
masalah :
1. Masalah Sederhana (Simple Problem) Corak / Jenis Masalah
1. Masalah Sederhana (Simple Problem) Corak / Jenis Masalah
2. Masalah rumit (Complex Problems) Corak / Jenis Masalah
3. Masalah yang tersrtuktur
4.
Masalah yang tidak Terstuktur
8. keputasan membeli
yang di rencanakan sepenuhnya itu
adalah ketika seorang ingin mebeli barang dan kebutuhan yang di ingin kan.kalau
yang teidak direncanakan itu ketika kita tidak ingin membeli barang itu
ternyatakan kita beli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar